Sinopsis

XQM4GZ

Lab Teater Ciputat dengan bangga akan menyajikan sebuah pertunjukan yang mengangkat tema millennial dan kalangan menengah. Pertunjuakan ini jelasnya berjudul XQM4GZ. Pertunjukan tersebut ialah sebuah karya yang terlahir dari embrio pertunjukan tahun lalu di bulan Desember bertempat di Kandang Jurank Dik Doank. Pada awalnya, pertunjukan ini memiliki judul “XXQ4YZ” namun seiring perkembangan proses, berkembanglah menjadi “XQM4GZ”. Tentunya banyak yang bertanya-tanya mengenai makna dan korelasi dengan pertunjukan yang akan disajikan. Judul ini dipilih berdasarkan pengalaman sutradara mengenai kode-kode yang ada di aplikasi tertentu untuk tujuan verifikasi atau hal lainnya, padahal saat itu, ia dalam kondisi terdesak dan sutradara tidak paham mengapa harus ada prosedur dan mekanisme seperti itu. Jelasnya tanda kecil itu menjadi titik ketidakmengertiannya mengenai lesatan perubahan dunia virtual. Judul tersebut hanya menjadi simbol kerumitan saja.

Selain dalam ranah judul yang berkembang, mengenai ide, tema, pembahasan, pengadeganan pun turut berkembang. Dalam pertunjukan “XQM4GZ” lebih menekankan pada representasi kritik terhadap kaum menengan era sekarang. Kalangan menengah yang dimaksud ialah kalangan yang terpelajar yang diharapkan mampu mengubah bangsa menjadi lebih baik lagi, kalangan yang memiliki potensi dan kemampuan untuk membawa masyarakat ke arah yang baik, yang memiliki pengaruh besar untuk masayarakat. Sebagai contoh ialah kalangan intelektual, politikus, seniman, dokter, perawat, arsitek, dan sebagainya.

Tapi kenyataannya, kalangan menengah yang diharapkan mampu membawa perubahan baik untuk masyarakat saat ini sudah tiada. Yang tersisa hanyalah kalangan menengah yang peduli terhadap diri sendiri dan bersifat pragmatis.

“XQM4GZ”  berbincang mengenai kalangan menengah yang tidak mampu merumuskan rencana, tidak mampu bersatu dan duduk bersama, sehingga pada akhirnya rakyat dihadapkan pada kondisi kebingungan. Kalangan menengah ini artinya dapat memberi ruang kekuasaan kepada elit politik, maupun elit ekonomi. Namun, karena mereka terlalu banyak diganggu kepentingan pragmatis, sehingga pada akhirnya mereka hanya mampu melahirkan elit-elit yang tidak bermutu. Kalau saja kalangan menengahnya bermutu, maka akan melahirkan kalangan elit yang bermutu, jika kalangan menengahnya tidak bermutu maka akan melahirkan elit yang tidak bermutu juga. Ibaratnya, kalangan menengah ini yang melahirkan pemimpin. Jadi jikalau kalangan menengahnya bagus, tidak akan melahirkan pemimpin seperti contoh kasus para petinggi negeri saat ini. Bagaimana seharusnya kalangan menengah dapat berbuat banyak untuk masyarakat. Itu yang menjadi garis bawah dari pertunjukan ini. Kalaupun elit politik didukung dengan kalangan menengah yang waras, maka akan terjaga kebijakan-kebijakannya, kalau kalangan menengahnya tidak waras, yang tejadi hanyalah saling sikut saja.

Realitasnya kaum intelektual dan kaum menengah saat ini mudah sekali dalam membuat suatu kesimpulan atau suatu penilaian. Bukankah seharusnya kaum intelektual dan menengah mampu menimbang-nimbang dan merenungi jauh lebih dalam atas suatu hal, namun yang terjadi saat ini ialah membuat suatu kesimpulan dan memaksa masyarakat umum untuk mengamininya.

Ini yang akan dijadikan pesan dan perspektif dalam pertunjukan ini. Aktor-aktor mewakili kalangan menengah. Mewakili suatu profesi tertentu yang terhitung kalangan menengah. Dalam pertunjukan ini akan disutradarai oleh Bambang Prihadi dan diperankan oleh 4 aktor diantaranya Washadi, Ale Utsman, Eko Yudi Prast, dan Sarah Nurmala. Serta didukung oleh tim produksi yang dipimpin oleh Yusuf Muarif Hidayat. Aktor bermain dalam satu ruang kaca yang dibangun di atas panggung pertunjukan. “XQM4GZ” pementasan ini telah  dipentaskan di beberapa tempat, diantaranya : Taman Budaya Pekan Baru pada tanggal 30 Juni 2018 dan UIN Syarif Hidayatullah pada tanggal 27 Juli 2018. Selanjtunya, pementasan ini masih dalam proses untuk dipentaskan kembali dibeberapa tempat, dengan jadwal yang masih dalam tahap persetujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *