News

Aktor Lab Teater Ciputat Terlibat dalam Pertunjukan Dionysus Sutradara Tadashi Suzuki, Jepang

9 September 2018
Pementasan Premier Dionysus di Summer Scot
Naskah tragedi Yunani “Dionysus” yang disutradarai dan diadaptasi oleh maestro sutradara teater asal Jepang Tadashi Suzuki telah berhasil digelar dengan sukses pada perhelatan Summer Scot yang diadakan di Toga – Toyama Jepang. Sebanyak empat kali pementasan Dionysus digelar selama acara Summer Scot berlangsung, yaitu tanggal 24,25,31 Agustus dan 1 September 2018. Minat penonton yang besar membuat pertunjukan ini mengubah tempat pementasan, yang semula akan di gelar di gedung pementasan Toga New Sambo, dipindah menjadi Giant New Sambo. Hal tersebut dilakukan melihat kapasitas gedung awal yang tidak menampung banyaknya minat penonton untuk menyaksikan sebuah mahakarya kolaborasi antara Scot-Purnati.
Terdapat 7 aktor dan 6 aktris Indonesia yang terlibat di dalamnya. 6 aktor berperan sebagai pendeta, 1 aktor berperan sebagai Cadmus dan 6 aktor wanita berperan sebagai Bakkai. Para actor tersebut datang dari berbagai latar belakang pendidikan, asal daerah, pengalaman, jam terbang dan usia. Diantara ketiga belas aktor pria dan wanita tersebut, ada dua aktor Lab Teater Ciputat di dalamnya, mereka ialah Washadi sebagai pendeta dan Sarah Nurmala sebagai Bakkai. Washadi merupakan salah satu aktor Lab Teater Ciputat yang berhasil dalam audisi Dionysus yang diadakan pada tahun 2016 dan Sarah Nurmala merupakan aktor yang berhasil lulus dalam audisi understudy Dionysus yang diadakan tahun 2017 yang lalu. Kedua aktor muda ini berhasil melewati proses yang cukup panjang untuk sampai pada posisi sekarang ini. Washadi telah berkiprah sejak pementasan cermin-bercermin Lab Teater Ciputat. Aktor yang dikenal periang dan pandai memasak ini juga terlibat dalam produksi I La Galigo sutradara Robert Wilson yang akan dipentaskan pada bulan Oktober 2018 di Bali. Sementara, Sarah Nurmala aktor muda berusia 20 tahun ini mulai berkiprah bersama Lab Teater Ciputat sejak produksi penjara hujan hingga saat ini, aktor yang masih berkuliah ini tidak henti-hentinya belajar, hingga mampu mengantarnya pada produksi Internasional Jepang- Indonesia “Dionysus”.
Selanjutnya Dionysus akan kembali dipentaskan di beberapa tempat dan Negara. Tur terdekat Dionysus akan dipentaskan di Prambanan Yogyakarta, pada tanggal 29 dan 30 September 2018.

 

 

Sarah Nurmala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *